Berhubung karena banyaknya rekan-rekan pendaki gunung yang ingin mendaki ke gunung Sorik Marapi namun tidak menemukan informasi tentang gunung tersebut, maka tulisan ini saya buat untuk membantu rekan-rekan sekalian. Semoga bermanfaat.

Gunung Sorik MarapiLandscape Gunung Sorik Marapi

Tentang Gunung
Gunung Sorik Marapi adalah sebuah gunung api aktif (stratovolcano). Gunung berapi ini masih aktif hingga sekarang di tandai dengan masih mengepulnya asap dari dasar kawah gunung tersebut. Gunung ini berada pada kawasan hutan Taman Nasional Batang Gadis (TNBG). Pada puncak gunung terdapat kawah cukup luas yang berisi air berwarna hijau tosca. Air tersebut bersala daru air hujan yang terakumulasi di kawah gunung. Pada saat musim penghujan, kawah akan terisi banyak air dan saat musim kemarau sebaliknya, konsentrasi air dalam kawah akan berkurang/menyusut. Kandungan belerang yang cukup tinggi di gunung ini uga sering di manfaatkan oleh warga sekitar. Mereka akan menambang belerang tersebut untuk di jual. Namun aktivitas penambangan belerang tersebut saat ini tidak banyak dilakukan. Hanya pada saat ada permintaan maka baru akan di lakukan. Menurut catatan sejarah, gunung ini tercatat pernah meletus sebanyak tujuh kali. Masing-masing pada tahun 1830, 1879, 1892, 1893, 1917, 1970, 1986 dan terakhir pada tahun 1987. Pada letusan terakhir, Sorik Marapi memuntahkan debu dan lahar panas yang mengalir sampai ke Kabupaten Pasaman di Sumatera Barat. Oleh sebab itu, gunung ini aktif di pantau melalui pos pemantauan gunung api yang terletak di Desa Sibanggor Tonga, Kec. Puncak Sorik Marapi, Kab. Mandailing Natal.

Kawah Gunung Sorik MarapiKawah Gunung Sorik Marapi

Gunung Sorik Marapi adalah sebuah gunung yang memiliki kaitan erat dengan kehidupan sehari-hari dengan masyarakat Sibanggor yang bermukim di kaki gunung. Dari beberapa cerita yang saya dengar melalui tetua desa. Gunung Sorik Marapi sangat di keramatkan oleh masyarakat di kaki gunung tersebut. Bahkan hubungan natara masyarakat kaki gunung dengan gunung itu tercermin melalui beberapa cerita masyrakat. Antara lain, apabila ada warga desa yang melanggar norma-norma kemanusiaan gunung akan memberikan teguran berupa tanda alam baik itu berupa gempa vulkanik maupun aktivitas gunung yang meningkat yang biasanya di tandai dengan asapdari puncak gunung yang mengepul lebih banyak dari biasanya ataupun getaran-getaran akibat gempa vulkanik. Oleh sebab itu ada “peraturan” tersendiri yang di anut masyarakat terhadap orang luar yang hendak mendaki ke gunung ini. Salah satu aturan tersebut dapat dilihat antara lain dengan aturan yang menyatakan tidak diperbolehkannya wanita mendaki ke gunung ini. Aturan ini memang tidak tertulis, namun inilah aturan yang tak boleh dilanggar. Karena masyarakat percaya apabila larangan ini dilanggar akan mendatangkan bala. Kita sebagai penikmat alam dan budaya, di haruskan mematuhi kearifan lokal tersebut. Bukankah disitu letak daya tariknya yang membedakan dengan gunung lainnya. Sehingga menjadikan gunung ini menjadi gunung para pejantan!

Puncak Gunung Sorik MarapiPuncak Gunung Sorik Marapi

Jalur Pendakian
Titik Start
Sibanggor Julu: Desa Sibanggor Julu, Kec. Puncak Sorik Marapi, Kab. Mandailing Natal, Sumatera Utara. Panjang jalur Sibanggor Julu-Puncak +/- 7 Km, Waktu pendakian normal 5 jam.

Kondisi Medan
Jalur: Sibanggor Julu – Kebun Karet masyarakat (tanjakan landai) – Bebatuan landai (bekas tambang belerang) – hutan primer (landai) – hutan sekunder (landai & terjal) – pandan (landai)– perdu (cadas)  terjal – puncak.
Vegetasi: Kebun masyarakat, Hutan primer, Hutan sekunder (rimba), hutan pandan dan tumbuhan perdu.
Catatan: Tidak ada air bersih di sepanjang jalur pendakian hingga puncak.
Pos: Terdapat 5 buah pos peristirahatan (belum memiliki nama)

Transportasi
Via Medan : Bus Jurusan Medan-Panyabungan (turun di simpang jembatan merah) kemudian dilanjutkan angkutan kota (angkot) jurusan panyabungan (jembatan merah – Sibanggor Julu) waktu tempuh (10-12 jam)
Via Padang : Bus jurusan Padang-Panyabungan (turun di simpang jembatan merah) kemudian dilanjutkan angkutan kota (angkot) jurusan panyabungan (jembatan merah – Sibanggor Julu) waktu tempuh ( 11-12 jam)
Perizinian & pemandu (guide)
Izin: -Simaksi (surat izin masuk kawasan konservasi) kantor Balai Taman Nasional Batang Gadis (TNBG), Jl. Williem Iskandar, Pidoli Dolok, Panyabungan, Sumatera Utara. Telp/Fax (0636) 421375-321670
-Melapor kepada Kepala Desa Sibanggor Julu
Pemandu: Wajib menggunakan jasa pemandu dengan biaya Rp. 250 – 300 Ribu (tergantung nego)

Potensi

Hutan tropis dalam kondisi baik dan terdapat bunga bangkai jenis (tergantung musimnya), Kawah gunung, Panorama bentang alam bukit barisan.

Desa Sibanggor Julu

Desa Sibanggor Julu dengan atap terbuat dari Ijuk pohon aren

Demikian informasi mengenai jalur pendakian gunung Sorik Marapi, tulisan ini sekaligus menjawab pertanyaan rekan-rekan yang banyak saya lohat di tulisan saya tentang Pendakian Gunung Gunung Sorik Marapi maupun di akun facebook saya. Semoga dapat berguna dan bermanfaat. Apabila ada pertanyaan lebih lanjut silahkan gunakan kolom komentar di bawah. Terim kasih, Salam!.

Penulis: Decky Chandrawan
               Cp: 0823-7043-4044