Sebuah misi yang saya anggap ambisuis ditengah waktu dan budget yang ‘ngepas’. Selama lebih dari empat tahun saya menggeluti hobi bertualang di alam bebas saya punya misi sendiri. Mungkin saja ini adalah sebuah ke inginan atau cita – cita bagi saya. Saya sadar akan keterbatasan saya sehingga mimpi saya sederhana di banding pendaki – pendaki lain.

Impian sederhana yang selalu mempengaruhi benak ku untuk mewujudkannya ditengah keterbatasan dukungan modal. Namun semua itu bukanlah penghalang bagi impian seorang pemuda sepertiku. Harus tercapai meski harus melalui perjuangan panjang.

Jika pendaki lain punya impian menaklukan Seven Summit, impian saya cukup sederhana. Berhubung saya tinggal di Sumatera Utara, tepatnya di kota kecil yang bernama Padangsidimpuan terletak di ujung Sumatera Utara. Impian itu saya beri nama “Three Summit North Sumatera”. Tidak berlebihan jika saya menyebutnya demikian, karena kenyataannya memang ketiga gunung itulah yang tertinggi di Sumatera Utara.  Ya, itulah impian saya yang belum terwujud sampai sekarang. “Three Summit North Sumatera” itu adalah tiga gunung tertinggi di Sumatera Utara yang sudah saya survei melalui beberapa sumber. Gunung Sorik Marapi 2145 Mdpl, Gunung sibayak 2.212, dan Gunung Sinabung 2.460 Mdpl adalah tiga buah gunung yang menjadi impian untuk saya daki.

 

Gunung Sinabung 2.460 Mdpl

Dari ketiga gunung itu, baru satu gunung yang berhasil saya daki sampai puncak yaitu gunung Sorik Marapi. Sorik Marapi saya gapai puncaknya akhir desember 2011 kemarin. Itu artinya tinggal dua buah gunung lagi agar saya dapat menuntaskan misi “Three Summit North Sumatera”. Target waktu yang saya canangkan untuk menyelesaikan dua gunung terakhir adalah bulan juni 2012. Persipan tentu saja sudah saya lakukan dari jauh – jauh hari terutaman persiapan budget dan tekhnis pendakian.

 Gunung sibayak 2.212 Mdpl

Gunung Sorik Marapi 2145 Mdpl

Mungkin anda bertanya kenapa harus tiga gunung ini yang saya pilih? Alasannya adalah karena saya tinggal di Sumatera Utara dan saya ingin menggali kekayaan alam di Sumatera Utara terlebih dalu sebelum saya mengexplore kekayaan alam daerah lain. Dalam misi saya ini saya menerapkan dua kriteria utama. Yang pertama, harus mempunyai ketinggian di atas 2000 meter. Kedua, harus berupa gunung berapi aktif. Kedua kriteria itu ada pada tiga gunung sasaran saya. Seperti kita ketahui bersama ketiga gunung ini tercatat pernah meletus dan ketiganya berketinggian di atas 2000 Mdpl. Gunung Sorik Marapi terakhir meletus pada tahun 1987, Gunung Sibayak terakhir meletus tahun 1881 dan Gunung Sinabung adalah gunung yang pada agustus 2011 mulai menunjukan aktivitasnya dan mencapai puncaknya pada tanggal 7 September, Gunung Sinabung metelus dahsyat. Ini merupakan letusan terbesar sejak gunung ini menjadi aktif pada tanggal 29 Agustus 2010. Suara letusan ini terdengar sampai jarak 8 kilometer. Debu vulkanis ini tersembur hingga 5.000 meter ke udara.

Setiap gunung bagi saya mempunyai ke unikan tersendiri. Baik itu tata cara pendakian atau karakteistik gunung tersebut. Sengaja saya membuat tulisan ini bukan untuk pamer, melainkan agar dapat memotivasi orang dan saya sendiri untuk menanamkan cinta pada alam ciptaan Tuhan. Naik gunung adalah cara kita menikmati dan merasakan betapa indahnya ciptaan Tuhan. Inilah misi sederhana Si Bocah Rimba yang ingin menggapai impian “Three Summit North Sumatera”. Impian sederhana yang sangat berarti bagiku. Doakan saya kawan – kawan agar dapat mensukseskan misi ini. Saya juga menerima saran atau apapun untuk misi saya ini. Kotak komentar terbuka untuk sobat memberikan komentar di tulisan saya ini.

Penulis: Decky Chan
Email: chan.decky@ymail.com