Bagi para petualang, Expedisi adalah hal biasa mereka lakukan, perjalanan berhari-hari melewati hutan belantara serta perbukitan dan pegunungan bagi meraka adalah kesenangan. Dalam melakukan sebuah Expedisi yang akan memakan waktu berminggu-minggu, perencanaa perbekalan konsumsi sangat perlu untuk diperhitungkan sebaik mungkin dan setepat mungkin, walaupun para pecinta alam hampir semuanya telah dibekali dengan latihan survival latihan yang membuat mereka bisa memanfaatkan tumbuhan sekitar mereka dihutan belantara untuk bertahan hidup, namun tidak ada salahnya sebelum berangkat expedisi urusan perut diberikan perhatian lebih.

     Perencanaan perbekalan merupakan salah satu hal yang perlu mendapat perhatian khusus. Sebelum kita menetukan perbekalan konsumsi yang akan kita bawa, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti: Lamanya perjalanan, kondisi medan (Terjal, hutan belantara, dll), serta beban yang kita bawa selama perjalanan expedisi tersebut.

     Tidak ada salahnya perbekalan yang dibawa memperhitungkan nilai kalori yang memadai, berada berminggu-minggu didalam hutan belantara adalah untuk kesenangan dan kepuasan bukan untuk menyakiti diri sendiri. Perjalanan panjang dan melelahkan tentulah akan sangat mengurus tenaga kita, oleh karena itu asupan energi yang masuk ketubuh kita harus berbanding dengan energi yang kita keluarkan.

Beberapa hal aspek yang perlu diperhatikan dalam perbekalan kita antara lain :

– Kandungan kalori
– Makanan tahan lama
– Gampang dalam hal penyajian
– Ringan dan murah
– Bisa untuk melawan dinginnya cuaca
– yang paling penting makanan tersebut aman untuk dikonsumsi

Dalam 1 hari, perjalanan expedisi hampir memakan waktu sekitar 5-10 jam, yang melewati turunan serta tanjakan terjal, lebih dari 2000 kalori yang kita keluarakan dalam perjalanan tersebut, oleh sebab itu kita harus mengganti kalori yang telah kita keluarkan.

Kalori dapat kita peroleh dari protein, lemak dan juga hidrat arang. Beberapa sumber kalori antara lain (tiap 100gr) :

Nasi 178 kal
Kentang 90 kal
Singkong 140 kal
Roti 248 kal
Biskuit 458 kal
Gula pasir 364 kal
Madu 294 kal
Coklat manis 472 kal
Tempe 119 kal
Kacang tanah 360 kal
Telur ayam 162 kal
Dendeng 433 kal
Sardens 338 kal

Namun expedisi adalah expdisi, perjalanan jauh menjadi bawaan yang ringan dan gampang menjadi fokus utama…