Buat apa naik gunung ? Sebuah kata yang mungkin mengundang kontroversi. Sebelum kalian berpikir macam-macam tentang tulisan ini mari kita baca lebih lanjut.

Sebenarnya naik gunung termasuk juga olah raga berat. Kenapa? Karena untuk naik gunung kita butuh tenaga extra dan tentu saja membakar kalori yang cukup banyak. Itu sebabnya bila kita sedang naik gunung asupan makanan perlu diperhatikan khusus agar kondisi badan tetap prima. Sebagai contoh, bila kita hendak makan naik gunung pagi hari maka kita perlu sarapan yang cukup dengan menu makanan yang benar. Makanan yang mengandung karbohidrat, protein dan glukosa adalah menu makanan yang tepat untuk kegiatan berat seperti ini.

Sedikit cerita pengalaman pribadi saya. Waktu itu pernah saya ngobrol-ngobrol ringan dengan seorang tentara yang sudah kenyang pengalaman. Waktu dia ditugaskan di pedalaman hutan papua logistik pangan berupa beras dan lauk pauk mulai menipis. Untuk mengatasi keadaan ini dia memutuskan untuk menghemat beras yang tinggal sedikit. Caranya dengan menanak nasi dengan air yang dikurangi sedikit dari jumlah air normal. Cara makan inilah yang perlu kita perhatikan. Mereka memakan nasi tersebut dengan cara mengunyah tidak sampai halus. Kenapa? Disinalah letak tekhniknya. Dikunyah tidak sampai halus kemudian ditelan berguna agar butiran nasi tersebut kembali di olah dalam kata lain digiling lagi oleh lambung sehingga proses pencernaan menjadi agak panjang. Hal ini berguna agar sari makanan diserap perlahan oleh tubuh sehingga menunda lapar karena proses pencernaan agak melambat.

Sungguh banyak manfaat dari naik gunung. Bagi saya pribadi naik gunung layaknya proses kehidupan. Dimana kita harus berjuang demi puncak keberhasilan. Selain dampak positif yang kita dapat bagi kesehatan.

Selain itu menjadi kebanggaan tersendiri bagi kita memakai ransel besar. Simbol kejantanan bagi si pemakai begitu anggapan sebagian kaum adam.

sekian dulu sedikit coret-coretan diatas layar monitor usang ini. Sampai ketemu lagi di tulisan berikutnya.
Salam !

Penulis: Decky Chan